Sunday 1 July 2018

Apa itu Blog?

Korang tahu tak Apa itu Blog? 
Okey...Jom Cik BP share sikit apa itu Blog..Dulu Cik BP study Teknologi Maklumat Masa belajar kat UUM....tapi takde pun lecturer ajar buat blog..buat Website adalah.....so cik BP buat search sendiri..jom kita share ilmu..
Sederhananya, blog lebih kurang sama  dengan website namun tidak sama. Cik BP jelaskan nanti.
Dulu-dulu, blog digunakan untuk membuat diari yang boleh online. Ingat tak zaman 90 an dulu kan ramai yang suka buat buku harian ataupun diari.
Bezanya ini online dan boleh diakses oleh sesiapa saja.
Seiring bertambah popularnya blog pada masa tu, semakin ramai yang menyedari bahawa blog ni bukan hanya sekadar diari online, tapi boleh digunakan untuk membuat website yang menyampaikan pelbagai isi dan maklumat.  Malah blog juga dijadikan satu platform untuk menjana pendapatan...
Eh betul ke blog ni boleh buat duit.. Yaa betul blog boleh jana duit..nanti Cik BP akan cerita bagaimana boleh buat duit dengan Blog..

Definisi blog

Blog adalah sebuah singkatan dari website log yang merupakan jurnal, artikel atau informasi online dibuat berurutan berdasarkan tanggal penerbitan, dengan konten terbaru berada di urutan teratas.

Terminologi blog

Blog  = jurnal atau artikel yang ada di internet.
Blogger  = seseorang yang menulis jurnal atau artikel di blog.
Blogging = kegiatan menulis jurnal atau artikel di blog. Dikenal juga dengan sebutan "ngeblog".

6 Elemen Utama Template Blog


Berdasarkan tata letaknya, secara umum template blog terdiri dari 6 elemen utama, yaitu :

  1. Body
    Body atau tubuh merupakan bagian dari HTML yang bertanggung jawab untuk menampilkan elemen-elemen blog. Semua elemen blog harus berada di dalam body agar dapat ditampilkan.
  2. Wrapper
    Wrapper atau sering disebut juga sebagai outer-wrapper merupakan wadah pembungkus terluar elemen-elemen blog setelah body.
  3. Header-Wrapper
    Header-wrapper merupakan bagian yang bertanggung jawab terhadap tampilan header blog. Header-wrapper menempati bagian paling atas sebuah blog. Biasanya berisi informasi judul dan deskripsi blog.
  4. Content-Wrapper
    Content-wrapper adalah bagian yang mengatur tampilan posting. Posisinya biasanya berada di tengah dan berfungsi sebagai tempat konten atau isi blog.
  5. Sidebar-Wrapper
    Sidebar-wrapper adalah bagian yang mengatur tampilan sidebar. Letaknya biasanya berdampingan dengan content-wrapper karena bertindak sebagai pendukung. Sidebar-wrapper biasanya berisi widget atau gadget, informasi penulis, kolom pencarian, dan sebagai tempat iklan.
  6. Footer-Wrapper
    Footer-wrapper merupakan bagian yang bertanggung jawab mengatur tampilan footer blog. Footer-wrapper menempati bagian paling bawah sebuah blog. Biasanya footer-wrapper dimanfaatkan oleh pengelola blog sebagai tempat untuk menginformasikan kontak pengelola blog atau sebagai tempat memasang iklan.

Gambar di atas merupakan susunan elemen-elemen template blog yang akan kita buat.

Sebenarnya Anda bisa menambah atau mengurangi jumlah dan mengatur posisi elemen blog sesuka hati. Namun sebagai awalan, kita akan membuat template blog dengan susunan elemen blog sederhana seperti gambar di atas.

No comments:

Post a Comment